Aplikasi Berbasis Pendidikan Pada Smartphone


Kata Pengantar


               Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan pembuatan  karya ilmiah yang berjudul “Aplikasi Berbasis Pendidikan Pada Smartphone”.
               Harapan saya semoga karya ilmiah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi saya dan para pembaca.

               Karya ilmiah ini tentu saja jauh dari kata sempurna. Untuk itu saya harapkan kepada para pembaca karya ilmiah ini dapat memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun, sehingga karya ilmiah ini bisa dibuat lebih baik untuk kedepannya.

Malang, 14 Agustus 2016



Penyusun


Daftar Isi


BAB I
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Tujuan
1.4  Manfaat

BAB II
Dasar Teori
2.1 Definisi Aplikasi Menurut Para Ahli
2.2 Pengertian pendidikan Menurut Langeveld dalam Hasbullah

BAB III
Pembahasan
3.1     Definisi Smartphone
3.2     Definisi aplikasi/software pada Smartphone?
3.3     Peranan aplikasi berbasis pendidikan  pada Smartphone untuk sarana pendidikan
3.4     Pengaruh aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone untuk sarana pendidikan
3.5     dampak positif dan negatif aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone

BAB IV
Penutup
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran

Daftar Rujukan


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

               Dewasa kini teknologi sudah terus berkembang seiring berkembangnya zaman.Para pengguna teknologi akan terus mengembangkannya dengan cara berinovasi atau menciptakan hal-hal baru untuk pengembangan teknologi yang lebih lanjut. Salah satu penerapan kecanggihan teknologi masa kini adalah Smartphone.Smartphone merupakan suatu alat elektronik pengembangan dari telepon/ handphone, yang diciptakan guna untuk mempermudah penggunanya dalam hal menyelesaikan berbagai macam keperluan khususnya keperluan teknologi dan komunikasi.

               Smartphone memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan yang kita perlukan. Contohnya saja, banyak sekali aplikasi-aplikasi dalam Smartphone yang laku dikalangan masyarakat seperti: aplikasi edukasi, aplikasi untuk berbisnis, social media , internet, game , dsb. Penjualan Smartphone ditawarkan dengan harga cukup terjangkau untuk berbagai kalangan. Oleh karena itu, banyak sekali masyarakat dari berbagai macam kalangan yang sudah memiliki dan bahkan mengaplikasikan Smartphone untuk berbagai macam keperluan.

               Smartphone tidak hanya digunakan di dalam lingkup  masyarakat saja, smartphone juga digunakan dalam dunia pendidikan. Dalam dunia Pendidikan Smartphone memiliki peranan yang begitu penting yaitu:
          1. Membatu komunikasi antara guru dan siswa disekolah.
          2. Membantu komunikasi antara siswa dan siswa.
          3. Membatu guru dan siswa dalam proses pencarian informasi khususnya dalam hal kegiatan belajar mengajar.


1.2 Rumusan Masalah

1. Apa definisi dari Smartphone?
2. Apa definisi aplikasi/software pada Smartphone?
2. Bagaimana Peranan aplikasi berbasis pendidikan  pada Smartphone untuk sarana pendidikan?
3. Bagaimana Pengaruh aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone untuk sarana pendidikan?
4. Bagaimana dampak positif dan negatif aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone?


1.3 Tujuan

*Tujuan dibuatnya Karya Ilmiah ini adalah :
1. Menambah pengetahuan untuk penulis dan pembaca.
2. Menambah pengetahuan seputar tekonologi komunikasi berupa Smartphone.
3. Memahami peranan aplikasi berbasis pendidikan  pada Smartphone untuk sarana pendidikan.
4. Memahami pengaruh aplikasi/software pada Smartphone untuk sarana pendidikan.
Memahami dampak positif dan negatif aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone.


1.4 Manfaat

Sebagai bahan informasi bagi penulis atau pembaca, serta sebagai bahan pokok untuk mengetahui lebih dalam tentang aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone.


BAB II
DASAR TEORI

2.1 Definisi Aplikasi Menurut Para Ahli
         
1. Ali Zaki & Smitdev Community
               Beliau berpendapat bahwa pengertian aplikasi adalah suatu komponen yang berguna melakukan pengolahan data meupun kegiatan-kegiatan seperti pembuatan dokumen atau pengolahan data.

2. Hengky W. Pramana
               Aplikasi adalah satu dari unit perangkat lunak yang telah dibuat untuk melayani suatu kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti sistem perniagaan, game, pelayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.

2.2 Pengertian pendidikan Menurut Langeveld dalam Hasbullah

Pendidikan ialah :  
“Setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak yang tertuju kepada anak itu, atau lebih tepat membantu agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa seperti buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebagainya dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa” 
(Langeveld, dalam Hasbullah, 2008:2).

BAB III
PEMBAHASAN

3.1  Definisi Smartphone
               Smartphone terdiri dari kata “Smart” yang berarti pintar dan kata “Phone” yang berarti telepon. Jadi intinya Smartphone adalah perangkat telepon/handphone yang menghubungkan berbagai fitur handphone dan PDA(personal digital assistant). Smartphone merupakan suatu alat elektronik pengembangan dari telepon/ handphone, yang diciptakan guna untuk mempermudah penggunanya dalam hal menyelesaikan berbagai macam keperluan khususnya keperluan teknologi dan komunikasi.

3.2 Definisi aplikasi/software pada Smartphone
               Aplikasi/software pada Smartphone merupakan suatu kumpulan program atau perintah yang dibuat dan di desain secara khusus untuk Smartphone. Aplikasi/software pada Smartphone memiliki berbagai fitur dan fasilitas yang dapat dimanfaatkan dan diakses oleh para penggunanya. Dengan adanya berbagai macam fitur, para pengguna Smartphone dapat menyelesaikan suatu kebutuhan, khususnya dalam hal komunikasi dan informasi.

3.3 Peranan aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone untuk sarana pendidikan
               Sebagai pengguna Smartphone kita bisa merasakan berbagai manfaat yang telah diberikan Smartphone kepada kita. Smartphone telah memberikan banyak manfaat untuk lingkungan yang ada disekitar kita, contohnya: lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, dll. Di lingkungan masyarakat sendiri Smartphone telah terbukti manfaatnya, khusunya untuk membantu masyarakat dalam mencari tahu informasi dan pemenuhan kebutuhan komunikasi. Di lingkungan sekolah pemanfaatan Smartphone untuk sarana pendidikan tentu saja sangat dibutuhkan. Banyak sekali aplikasi berbasis pendidikan yang pada Smartphone, aplikasi ini memberikan fasilitas kepada para pelajar atau  guru untuk dapat melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar secara mudah dan praktis.

               Dengan adanya aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone untuk sarana pendidikan, tentu saja memberikan banyak manfaat bagi siswa/guru yang memanfaatkan aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut dapat dijadikan sarana untuk menjalin komunikasi dan bertukar informasi (tanya jawab seputar pelajaran) antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa. Aplikasi  tersebut sangat mudah digunakan, sangat praktis, dan sangat mendukung kita untuk ikut serta dalam pengembangan teknologi.

3.4  Pengaruh aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone untuk sarana pendidikan
               Di Indonesia perkembangan teknologi sendiri sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Dengan adanya aplikasi/software seperti itu tentunya memberikan kesan positif bagi siswa ataupun guru . Aplikasi semacam itulah yang perlu disebarluaskan atau dibagikan secara cuma-cuma, dan juga di buat lebih banyak versi atau pengembangan aplikasi lain semacamnya.

               Pengaruh aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone sangat besar, dan tentunya  berpengaruh untuk kegiatan belajar mengajar yang dilakukan antara siswa dan guru

*Manfaat aplikasi berbasis pendidikan  pada Smartphone untuk sarana pendidikan bagi siswa :
1. Meningkatkan cara berpikir siswa untuk belajar berfikir secara mudah dan praktis.
2. Mengajarkan kepada siswa salah satu pemanfaatan perkembangan teknologi dengan baik dan tepat.
3. Membatu komunikasi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa.
4. Meningkatkan pengetahuan di bidang pengembangan teknologi.
5. Mencari informasi tentang pembelajaran.

*Manfaat aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone untuk sarana pendidikan bagi guru :
1. Membatu komunikasi antara guru dengan siswa.
2. Mempermudah kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan media aplikasi/software tersebut.
3. Meningkatkan pengetahuan di bidang teknologi.
4. Sharing seputar informasi, pelajaran, dll menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi/software tersebut.

               Dengan begitu, aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone memberikan banyak manfaat untuk para penggunanya , terutama siswa dan guru. Oleh karena itu , hendaknya para pengembang teknologi lebih berinovasi dan berperan penting terhadap pengembangan aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone, agar aplikasi/software tersebut benar-benar memberikan manfaat yang lebih bagi penggunanya.

3.5 Dampak Positif dan Negatif Aplikasi Berbasis Pendidikan Pada Smartphone
               Banyak sekali manfaat yang telah kita peroleh dari aplikasi berbasis pendidikan pada Smartphone. Hal ini dapat membuktikan bahwa Aplikasi ini lebih banyak memberikan dampak positif  ketimbang dampak negatif. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif dari aplikasi berbasis pendidikan pada smartphone dalam kehidupan kita :
       
*Dampak Positif :
1. Membantu pertukaran informasi antara siswa-guru, guru-siswa.
2. Mempermudah kegiatan belajar mengajar.
3. Mengajarkan kepada siswa pemanfaatan aplikasi smartphone dengan cara yang benar.
4. Mengajarkan kepada siswa pentingnya komunikasi antara guru-siswa, siswa-guru.

*Dampak Negatif
1. Karena kebutuhan informasi dapat terpenuhi secara instan, terkadang membuat siswa jadi malas utuk mengetahui kebenaran informasi tersebut.
2. Biasanya aplikasi apapun yang terdapat pada Smartphone terdapat berbagai macam iklan, iklan semacam inilah yang bisa menganggu fokus siswa saat mengaksesnya.

BAB IV
PENUTUP


4.1 Kesimpulan
               Di era globalisasi ini kehidupan kita tidak bisa terlepas dari genggaman teknologi. Pada dasarnya teknologi akan terus berkembang pesat seiring dengan perkembangan zaman. Para pengguna teknologi akan terus mengembangkannya dengan cara berinovasi atau menciptakan hal-hal baru untuk pengembangan teknologi yang lebih lanjut. Salah satu penerapan kecanggihan teknologi masa kini adalah Smartphone.

               Smartphone memiliki berbagai fitur yang dapat diakses dengan mudah oleh para penggunanya. Penerapan fitur-fitur pada Smartphone dalam kehidupan sehari-hari sangatlah beragam, misalnya : fitur yang terdapat pada Smartphone dapat digunakan untuk berkomunikasi, media hiburan, media untuk mencari informasi, sarana untuk edukasi , berbisnis, dll. Kita bisa menggunakan Smartphone di berbagai lingkungan. Di lingkungan sekolah misalnya, Smartphone sangat dibutuhkan sekali untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar.Dalam dunia Pendidikan Smartphone memiliki peranan yang begitu penting yaitu:
1. Membatu komunikasi antara guru dan siswa disekolah.
2. Membantu komunikasi antara siswa dan siswa.
3. Membatu guru dan siswa dalam proses pencarian informasi khususnya dalam hal kegiatan belajar mengajar.

4.2 Saran
               Di era modern ini, perkembangan teknologi yang sangat canggih, dapat membuat kita terjebak ke dalam dua pilihan. Pilihan yang pertama adalah jika kita selalu berpegang teguh kepada iman dan taqwa,  kita bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar. Pilihan yang kedua,  jika kita tidak bisa menjaga keimanan kita, kita bisa terjereumus kedalam pengaruh buruk yang di berikan oleh perkembangan teknologi.

               Hendaknya Sebagai generasi penerus bangsa, kita bisa memanfaaatkan teknologi dengan baik dan tepat . Karena setiap negara berlomba untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan tujuan untuk membangun dan membudayakan masyarakat berbasis pengetahuan agar dapat bersaing di era global. Karakter masyarakat seperti ini sikenal dengan istilah masyarakat berbasis pengetahuan(Knowledge-based society).

Daftar Rujukan :

Ø  M.Apandi, Lenny. Nurcholis, Basyari. Arba’iyah,Satriani. 2011. Tangan-
    tangan Kreatif  Tanpa Batas. Jakarta: Kementrian Riset dan Teknologi.
    (halaman 139 dan 140).
Ø  Anis, Chaeruman, Uwes. 2005.ICT dalam Pembelajaran. Ciputat: Pusat Teknologi
    Komunikasi Dan Informasi Pendidikan Depdiknas(halaman47).
Ø Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

6 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Publis untuk temen2 yang belum ,,,,ngelake

Kalo buka via smartphone, bisa di cek dipaling bawah, jika via web, berada pada panel kanan :)

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut


EmoticonEmoticon