Teknologi Virtual Reality dalam Dunia Pendidikan


Kata Pengantar


               Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan pembuatan  karya ilmiah yang berjudul “Aplikasi Berbasis Pendidikan Pada Smartphone”.
               Harapan saya semoga karya ilmiah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi saya dan para pembaca.

               Karya ilmiah ini tentu saja jauh dari kata sempurna. Untuk itu saya harapkan kepada para pembaca karya ilmiah ini dapat memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun, sehingga karya ilmiah ini bisa dibuat lebih baik untuk kedepannya.

Malang, 4 September 2016



Penyusun


Daftar Isi


BAB I
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Tujuan
1.4  Manfaat

BAB II
Dasar Teori
2.1 Definisi teknologi menurut Read Brain (1937)
2.2 Definisi teknologi Virtual Reality menurut Para Ahli
2.3 Tujuan Virtual Reality menurut Fuchs (2011)

BAB III
Pembahasan
3.1  Definisi teknologi Virtual Reality
3.2  Perangkat pendukung Virtual Reality
3.3  Cara kerja teknologi Virtual Reality
3.4  Penerapan  teknologi Virtual Reality dalam dunia pendidikan
3.5  Dampak positif dan negatif penerapan teknologi Virtual Reality dalam dunia pendidikan

BAB IV
Penutup
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran

Daftar Rujukan


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

               Di era globalisasi ini kehidupan kita tidak bisa terlepas dari genggaman teknologi. Teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Pada dasarnya,  teknologi akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Dewasa kini kemajuan dan kecanggihan teknologi rasanya dapat dipungkiri lagi, pasalnya teknologi akan terus dikembangkan oleh para pengguna teknologi itu sendiri. Banyak sekali teknologi-teknologi yang terus berkembang saat ini, salah satu contohnya adalah Teknologi Virtual Reality.

               Teknologi Virtual Reality dapat membantu penggunanya untuk mensimulasikan sebuah lingkungan nyata atau abstrak sebagai bidang 3 dimensi. Maksudnya adalah teknologi ini dapat membangkitkan susana 3 dimensi atau nyata, sehingga membuat penggunanya seolah-olah berada di dunia nyata meskipun yang sebenarnya terjadi adalah simulasi yang ada di depannya tersebut merupakan dunia buatan yang bersifat maya. Teknologi Virtual Reality tidak akan terlepas dari lingkungan Virtual Reality. Lingkungan Virtual Reality memperluas ide dunia maya, sebuah representasi tata ruang dari domain digital dan data dimana pengguna terlibat satu sama lain, terutama berinteraksi dengan data dan pesan.

               Teknologi Virtual Reality memberikan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan kita, contohnya dalam bidang militer, penerbangan, kedokteran, olahraga, dll. Selain itu Teknologi Virtual Reality juga mulai dikembangkan dalam dunia pendidikan. Teknologi jenis ini menjadi terobosan baru dalam kegiatan belajar mengajar, karena teknologi ini dapat meningkatkan imajinasi yang dimiliki siswa untuk merancang dan menggambarkannya ke dalam bentuk nyata. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar akan semakin menarik dan terjadi proses interaksi.


1.2 Rumusan Masalah

1. Apa definisi dari teknologi Virtual Reality?
2. Apa saja perangkat pendukung teknologi Virtual Reality?
3. Bagaimana cara kerja teknologi Virtual Reality?
4. Bagaimana penerapan  teknologi Virtual Reality dalam dunia pendidikan?
5. Apa dampak positif dan negatif  yang diberikan teknologi Virtual Reality dalam pendidikan?


1.3 Tujuan

*Tujuan dibuatnya Karya Ilmiah ini adalah:
1. Menambah pengetahuan untuk penulis dan pembaca.
2. Menambah pengetahuan seputar teknologi Virtual Reality.
3. Mengetahui perangkat pendukung teknologi Virtual Reality.
4. Mengetahui cara kerja teknologi Virtual Reality.
5. Pengaplikasian teknologi Virtual Reality dalam dunia pendidikan.
6. Memahami dampak positif dan negatif  yang diberikan teknologi Virtual Reality dalam pendidikan.


1.4 Manfaat

               Sebagai bahan informasi bagi penulis atau pembaca, serta sebagai bahan pokok untuk mengetahui lebih dalam tentang Virtual Reality.


BAB II
DASAR TEORI

2.1 Definisi Teknologi Menurut Read Brain (1937)
         
               Mengatakan bahwa teknologi pada dasarnya mencakup semua alat, mesin, peralatan, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, transportasi dan komunikasi perangkat, dan juga keterampilan, yang akan memungkinkan kita sebagai manusia bisa memproduksinya.


2.2 Definisi Teknologi Virtual Reality Menurut Para Ahli

1. (Hillis,1999: xv)
               Virtual Reality menyatukan dunia teknologi dan kemampuannya untuk mempresentasikan alam, dengan bidang yang luas dan tumpang tindih mengenai hubungan sosial dan makna.

2. (definisi-definisi Krieger, 1986; Benedikit, 1991; Biocca, 1992; Robinett,1992; Pinsky, 1993)
               Virtual reality didefinisikan secara luas sebagai suatu simulasi yang dihasilkan komputer atau presentasi dari lingkungan dimana pengguna mengalami rasa kehadiran fenomenologis atau keterlibatan dalam lingkungan.


2.3  Tujuan Virtual Reality Menurut Fuchs (2011)

               Tujuan dari Virtual Reality adalah untuk memungkinkan suatu sensorimotor dan aktivitas kognitif dari seseorang di dunia buatan yang dibuat secara digital, yang mana dapat menjadi imajiner, simbolik atau simulasi aspek-aspek tertentu dari dunia nyata.


BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Definisi Teknologi Virtual Reality
               “Virtual”  dan “Realitas” adalah dua konsep yang bila disatukan , muncul untuk memberikan makna bertentangan. Realitas Virtual adalah sebuah teknologi yang mampu mengemulsi dan menciptakan pelbagai realitas. Teknik simulasi komputer telah melahirkan apa yang kemudian dikenal sebagai teknologi realitas virtual (virtual reality). Yakni pelbagai ilusi tiga dimensi sangat realistik, yang dihasilkan teknik-teknik grafis komputer yang sangat rumit. Teknologi Virtual Reality dapat membantu penggunanya mengembangkan imajinasinya untuk merancang dan mengembangkannya ke dalam bentuk nyata.


3.2 Perangkat Pendukung Virtual Reality
               Agar dapat menciptakan suasana yang tampak seperti dunia nyata, Virtual Reality memerlukan perangkat pendukung, alat-alat itu ialah :    
1. Helm bertampilan 3D bertujuan untuk menghubungkan lebih dekat pikiran penggguna dan komputer.
2. Glove berfungsi untuk menangkap semua pergerakan yang dilakukan oleh tangan dan mengirimkan informasi gerakan tersebut ke sistem virtual reality.
3. Walker berfungsi untuk menangkap semua pergerakan yang dilakukan oleh kaki dan mengirimkan informasi gerakan tersebut ke sistem virtual reality.
4. Headset berfungsi untuk memberikan kesan efek suara yang jernih dan jelas, sehingga membuat penggunanya terbawa dalam suasana yang tampak sangat nyata.


3.3 Cara Kerja Teknologi Virtual Reality
               Jenis komputer berbasis realitas virtual (VR) telah dikembangkan di laboraturium Sumber Daya dan Pengembangan sejak awal 1970-an. Saat ini Virtual Reality bisa dapat diakses melalui smartphone Android dengan catatan sudah mensupport sensor Gyroscope. Tiga unsur kunci dari Virtual Reality menurut Sheridan,1992,  yakni :
1. Informasi Sensoris.
2. Kontrol hubungan sensor ke lingkungan (contoh, kemampuan bergerak);
3. Kemampuan untuk memodifikasi lingkungan yang diciptakan komputer.


3.4  Penerapan  Teknologi Virtual Reality dalam Dunia Pendidikan
               Di dalam dunia pendidikan sendiri, pendidikan berbasis teknologi sudah mulai diterapkan. Banyak sekali macam-macam teknologi yang mulai masuk pada dunia pendidikan contohnya saja teknologi Virtual Reality.  Teknologi ini dapat digunakan untuk menunjang pendidikan serta meningkatkan efektivitas belajar siswa. Misalnya penerapan teknologi Virtual Reality dapat digunakan dalam proses belajar matematika yang berkaitan dengan topik pembahasan geometri. Dengan teknologi virtual reality siswa dapat bereksperimen menirukan berbagai objek yang ada disekitarnya. Teknologi Virtual Reality juga bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran biologi yakni  pemodelan proses pembelahan sel, selain itu teknologi Virtual Reality dapat digunakan untuk pembelajaran lain yang kompleks dan sulit untuk dilakukan secara nyata.  Perangkat lunak untuk visualisasi dunia virtual telah dirancang agar mudah digunakan (user-friendly), maka siswa bisa menelusuri dunia virtual yang diciptakan secara interaktif.


3.5 Dampak Positif dan Negatif Penerapan Teknologi Virtual Reality dalam Dunia Pendidikan
               Teknologi Virtual Reality, selalu memberikan manfaat bagi kehidupan kita, hal ini membuktikan bahwa teknologi ini lebih banyak memberikan dampak positif  ketimbang dampak negatif. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan Virtual Reality dalam kehidupan kita :
*Dampak Positif
1. Teknologi virtual reality dapat membantu siswa untuk mengeksplorasikan diri.
2. Tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena siswa hanya melakukan simulasi buatan saja dengan bantuan teknologi virtual reality.
3. Siswa dapat menciptakan suasana belajar yang menarik.
4. Meningkatkan semangat belajar bagi siswa.
5. Bagi guru, teknologi virtual reality dapat dijadikan perantara untuk mempermudah dalam hal penyampaian materi, serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa.

*Dampak Negatif
1. Siswa lebih sering menyalahgunakan teknlogi virtual reality untuk bermain-main saja ketimbang untuk belajar.
2. Teknologi ini dapat membuat siswa menjadi kecanduan, akibatnya siswa akan menggunakannya secara terus menerus. Penggunaan secara berlebihan dapat merusak mata.
3. Tidak hanya untuk siswa dan Guru, Para pengguna teknologi ini  kerap mengalami cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin, 2000, hal 194).


BAB IV
PENUTUP


4.1 Kesimpulan
               Teknologi akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Banyak sekali teknologi-teknologi yang terus berkembang saat ini, salah satu contohnya adalah Teknologi Virtual Reality. Dengan adanya teknologi ini tentu saja akan mempermudah kita dalam hal mensimulasikan sebuah lingkungan nyata atau abstrak sebagai bidang 3 dimensi.
               Teknologi Virtual Reality memberikan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan kita, contohnya dalam bidang militer, penerbangan, kedokteran, olahraga, dll. Selain itu Teknologi Virtual Reality juga mulai dikembangkan dalam dunia pendidikan. Diharapkan dengan adanya teknologi ini, dapat dijadikan sebagai terobosan baru baru dalam kegiatan belajar mengajar, serta dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa.


4.2 Saran
               Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penerapan teknologi ini, hendaknya kita bisa mengaplikasikannya untuk hal-hal yang bermanfaat. Di dalam dunia pendidikan sendiri misalnya, untuk memperkenalkan teknologi ini dibutuhkan bantuan guru untuk mengarahkan siswanya agar menggunakan teknologi ini sesuai dengan manfaat dan penempatannya. Dan guru hendaknya memberikan pengarahan kepada siswanya agar mulai menggunakan Virtual Reality bukan untuk hal-hal yang tidak berguna.

Daftar Rujukan :

Ø Juhara, Erwan. Eriyandi, Budiman. Rita, Rohayati. 2005. Cendekia Berbahasa. Jakarta : PT Setia Purna Inves. (Halaman 11)
Ø Irwansyah, Edi. Jurike.V.Moniaga. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish. (Halaman 39)
Ø Shields Rob. 2003. Virtual Sebuah Pengantar Komprehensif. Edisi Indonesia. Diterjemahkan Oleh: Hera Oktaviani. Yogyakarta: JALASUTRA. (halaman 58-60)

2 komentar

halo saya iqbal ingin menanyakan tenyang buku virtual reality. kiranya saya bisa menghubungi anda lewat apa yak. help me untuk skripsi nihh

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut


EmoticonEmoticon